Minggu, 13 Desember 2009

Puasa Senin Kamis

Quantcast


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…. !!! Well,… puasa memang sangat dianjurkan… coz dengan puasa kita dapat mengendalikan hawa nafsu … !!! Sebagai manusia,… nafsu tidak dapat dihilangkan… namun akan sangat disayangkan… jika kita terbudak oleh nafsu… !!! Pasti… nggak ada habis-habisnya… dan jika sudah diperbudak hawa nafsu… lama-kelamaan hati kita akan kelaaam… sudah tidak bisa membedakan mana yang buruk… mana yang baik… mana yang halal .. mana yang haram… !!! So salah satu amalan yang membantu untuk mengendalikan hawa nafsu adalah Puasa… dan bisa berlatih dengan puasa senin kamis… !!!


Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda “Amal perbuatan itu dilaporkan pada hari Senin dan Kamis,… oleh karena itu aku suka apabila amalku dilaporkan dalam keadaan aku sedang berpuasa”. (HR. Turmudzi).
Ogh ya… monggo dibaca… apa-apa aza yang membatalkan puasa…. coz sudah pernah gue bahas disini … !!! Dengan puasa,… kita bisa merasakan apa itu lapar… ??? bisa merasakan pula… bagaimana menahan marah… ??? bisa merasakan …. bagaimana menahan nafsu syahwat… etc. ??? Coz non sense… kita bisa memahami itu semua… jika hanya belajar dari text book …!!! Ibarat kita ingin tahu gimana rasanya rakjat kecil… non sense jika kita hanya naik mobil mewah… tanpa naik motor sehari-hari dengan asap cumi-cumi sebagai lauk-pauk nya …!!!
Junjungan kita,… Rasulullah SAW senantiasa bersungguh-sungguh dalam berpuasa Senin dan Kamis… !!! Hal ini sebagaimana tersurat pada hadist berikut :
Dari Aisyah ra., ia berkata : “Rasulullah SAW senantiasa bersungguh-sungguh dalam berpuasa Senin dan Kamis (HR. Turmudzi)
Last,… masih banyak jenis-jenis puasa yang bisa kita lakukan… sebagai latihan untuk mengendalikan hawa nafsu… !!! Melalui puasa… urat nadi kita akan semakin sempit,… dan hal ini akan semakin mempersempit Syaitan untuk memperdaya kita… !!! Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh… !!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar